Vindo Comics, Pusat Komik Wayang dan Silat Indonesia. Jakarta Comic Center.

13 Agustus, 2007

‘Bhisma Dewabrata’, Tokoh Wayang Teladan

Filed under: Blogroll — vindocomic @ 4:35 pm

Bhisma Dewabrata merupakan salah satu tokoh penting dalam cerita wayang Mahabharata. Bhisma merupakan salah satu saksi masa pemerintahan Hastina dari era Santanu hingga Kurawa-Pandawa. Bhisma merupakan seorang yang sangat sakti, arif, bijaksana, setia dan berbudi luhur. Nama Bhisma sendiri mempunyai arti “seseorang dengan sumpah yang mengerikan”. Bhisma merupakan seorang tokoh yang disegani oleh lawan maupun kawan, Bahkan para Dewa pun segan dan hormat kepada keluhuran budinya.

Bhisma merupakan anak dari Prabu Santanu dengan dewi Gangga. Ia awalnya merupakan putra mahkota pewaris tahta Kerajaan Hastina. Setelah kepergian Dewi Gangga, Prabu Santanu jatuh cinta lagi pada Setyawati dan Setyawati memberikan persyaratan bahwa dia hanya akan menikah dengan Prabu Santanu bila kepada keturunannya-lah kelak akan diwariskan tahta Kerajaan Hastina. Hal ini membuat Prabu Santanu serba salah dan jatuh sakit. Bhisma yang sangat menghormati dan menyayangi Rama Prabunya akhirnya memutuskan bersumpah untuk tidak mewarisi tahta hastina dan tidak menikah untuk mencegah keturunannya yang akan menggugat kelak. Selain itu dia juga bersumpah untuk setia dan melayani penguasa tahta Hastina hingga akhir hayatnya. Oleh karena itulah dia diberi nama Bhisma yang artinya adalah ‘orang dengan sumpah yang mengerikan’.

Pada perang bharatayudha di bukit kurusetra, Bhisma merupakan salah seorang lawan terberat yang dihadapi oleh pihak pandawa. Dia hanya dapat dilukai oleh Srikandi karena ia telah terikat karma dengan dewi Amba.

Baca kisah Bhisma selengkapnya pada Komik Wayang Mahabharata!!

Dapatkan segera di Vindo Comic!!!

Vindo Comic

Plasa Semanggi lt.2 No.118 blok b

Pusat Komik Wayang, Silat dan Indonesia

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: