Vindo Comics, Pusat Komik Wayang dan Silat Indonesia. Jakarta Comic Center.

22 Juli, 2007

Wapres: Wayang Bisa Menjadi Alternatif “SmackDown”

Filed under: Uncategorized — vindocomic @ 10:38 pm

Laporan Wartawan Kompas Suhartono
JAKARTA, KOMPAS – Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Jumat (1/12) siang, menyatakan bahwa Indonesia harus memiliki wayang nasional yang berasal dari berbagai daerah, namun menggunakan bahasa Indonesia. Dengan demikian wayang nasional bisa dipahami dan disukai oleh generasi muda Indonesia.

“Kalau kita bisa menggali dan mengembangkannya dengan baik, maka wayang nasional itu bisa menjadi alternatif. Dan, kita bisa terhindar dari tayangan SmackDown,” ujar Wapres, saat memberikan sambutan di acara pembukaan Festival Wayang Asean I di Istana Wapres, Jakarta, Jumat.

Menurut Kalla, wayang itu merupakan budaya yang mengandung banyak filsafat hidup. “Jadi, tidak seperti SmackDown yang hanya hantam kromo saja,” tandas Kalla.

Wapres menambahkan, untuk melestarikan akar budaya Indonesia, maka wayang nasional dengan bahasa Indonesia penting untuk dikembangkan dan diwujudkan. Pasalnya, jika wayang nasional tetap dengan bahasa daerah masing-masing, maka generasi muda agak sulit menikmati wayang.

“Karena banyak generasi muda sekarang ini yang tidak memahami bahasa ibu atau asli dari bahasa orang tuanya. Contohnya, anak-anak saya, dari lima anak, empat orang menikah dengan orang Jawa dan suku lainnya. Cucu saya tidak ada yang mengerti bahasa orang tuanya, baik Bugis, Jawa maupun bahasa lainnya, sehingga mereka tidak bisa menikmati wayang. Karena itu, di situlah pentingnya wayang nasional berbahasa Indonesia,” lanjut Kalla.

Wapres dalam kesempatan itu mengkritik penyelenggaran festival wayang Asean. Katanya, “Kita ini terbalik. Harusnya kembangkan dulu wayang nasional sebelum kita keluar dengan wayang Asean itu. Kalau ini, kita keluar dulu (ke Asean) baru ke dalam lagi (Indonesia).”

sumber : http://kompas.com/ver1/Dikbud/0612/01/123504.htm

===============================================================

Komik Wayang karya R.A Kosasih sudah dibuat dalam bahasa Indonesia dan bagi para orang tua, dapat mulai memperkenalkan kepada anak-anak sebagai tahap permulaan pengenalan tokoh dan cerita wayang.

Ayo kita perkenalkan karya agung bangsa Indonesia kepada generasi muda untuk menjamin kelestariannya!!!

DAPATKAN SEGERA DI VINDO COMICS !!!!!!

Vindo Comics

Pusat Komik Wayang dan Silat Indonesia

Plasa Semanggi lt.2 no.118b.

keywords: komik wayang, komik mahabharata, komik ramayana, komik silat Indonesia, komik Indonesia, wayang komik, komik lama, jual komik wayang, R.A.Kosasih, Kosasih, wayang.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: