Vindo Comics, Pusat Komik Wayang dan Silat Indonesia. Jakarta Comic Center.

19 Juli, 2007

Komik Mahabharata karangan R.A. Kosasih

Filed under: Uncategorized — vindocomic @ 9:50 am

R.A Kosasih sang maestro komik wayang Indonesia sesungguhnya pernah menggambar komik Mahabharata 2 kali. Pertama kali adalah seri komik Mahabharata digambar/dibuat pada tahun 1950an. Dan pada tahun 1970an, R.A Kosasih membuat ulang seri komik Mahabharata.

Dari prakata yang ditulis oleh Pak R.A Kosasih sendiri pada seri komik Mahabharata karyanya tahun 70an, alasan penggambaran ulang seri komik-komik tersebut adalah karena anjuran pemerintah tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan.

Sangat dapat dimaklumi mengingat pada jaman itu para komikus Indonesia menggunakan cara yang sangat manual, naskah-naskah komik digambar pada kertas kalkir tanpa bantuan komputer sama sekali. lagipula pada saat itu teknologi komputer sendiri belum ada (termasuk scan & photo editting tools), maka untuk mengubah teks dari suatu komik akan sangat sulit sekali dilakukan. Adapun cara-cara mereka (Para komikus di jamannya) adalah mungkin dengan cara menempelkan kertas yang telah ditulisi dengan teks2 baru pada textbox komik.

Dari pengalaman kami sebagai pedagang komik wayang Mahabharata karya R.A Kosasih, masing-masing ‘versi’ komik mahabharata ini mempunyai segment sendiri-sendiri. Ada sebagian orang yang lebih menyukai komik Mahabharata versi tahun 50an, contohnya bapak Seno Gumira Ajidarma (lihat sumber: blog Seno Gumira Ajidarma)

Adapula yang lebih suka komik Mahabharata versi tahun 70an. Sebagian besar perbedaan ini dikarenakan faktor usia. Bagi orang-orang yang lahir di tahun 70an mungkin akan merasa bahwa komik mahabharata versi 70an adalah komik yang lebih enak dibaca dibanding komik Mahabharata versi 50an.

Karena perbedaan selera masing masing orang tersebutlah maka kami merasa bahwa seharusnya memang kedua versi komik mahabharata karya R.A Kosasih perlu tersedia di pasar (bukan hanya salah satunya). Sehingga konsumen yang memilihnya sesuai dengan selera mereka.

komik mahabharata tahun 1950an kini dicetak dalam format ukuran yang kurang lebih sama dengan ukuran komik mahabharata terbitan melodie dulu (masih lebih besar dari ukuran elex), dan komik Mahabharata tahun 1970an kini dicetak dalam format yang kurang lebih sama dengan format cetakan lamanya (dalam ukuran besar) dan di HardCover.

Vindo Comics

Plasa Semanggi lt.2 No.118b

Pusat Komik Wayang, Silat, dan Indonesia.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: